Breaking News

Jumat, 16 Desember 2016

RPP Kimia Kelas XII semester 1



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 1

Nama Sekolah           :  SMA Negeri 1 Mappedeceng
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XII IPA / 1
Standar Kompetensi:  1.       Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan   elektrolit
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,                                            penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk                                                 sifat koligatif larutan

Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2.      Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
3.      Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4.      Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan

Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2.      Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
3.      Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4.      Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
   Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
   Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
Materi Ajar    : 
  • Pengertian sifat koligatif
  • Kemolalan dan fraksi mol
  • Tekanan uap larutan
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
o   6 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
·        Menghitung konsentrasi suatu larutan ( kemolalan, kemolaran dan fraksi mol).
·        Siswa dapat Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).

Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Pengertian sifat koligatif
o   Kemolalan dan fraksi mol
Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Menyapaikan program semester
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas pengertian sifat koligatif sesuai dengan LKS 1.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas kemolalan dan fraksi mol sesuai dengan LKS 1.2.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan arti sifat koligatif.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan tekanan uaplarutan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas soal uji kompetensi (10 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Ulangan 50 menit (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas soal ulangan 10 menit (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas pelajaran berikutnya (10 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
 Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
o   Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
o   PPK
Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)


           




Cendana Putih,                    2014
Mengetahui





Kepala





SMA Negeri 1 Mappedeceng

Guru Mata Pelajaran





















Drs. B a h r i


Taufik Sandi, S. Pd., M. Pd.
NIP 19610414 199403 1 003

NIP 19860206 201001 1 008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog