RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KOLIGATIF – 1
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Mappedeceng
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi: 1. Menjelaskan
sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi dasar :
1.1. Menjelaskan penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan,
dan tekanan osmosis termasuk sifat
koligatif larutan
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1. Menjelaskan pengertian sifat koligatif
larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2. Menghitung konsentrasi suatu larutan
(kemolalan dan fraksi mol).
3. Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang
sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4. Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan
data percobaan
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menjelaskan pengertian sifat koligatif
larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
2. Menghitung konsentrasi suatu larutan
(kemolalan dan fraksi mol).
3. Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang
sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4. Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan
data percobaan
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
Materi
Ajar :
Metode
pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi
Waktu
o
6 Jam
pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan
sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
|
·
Menghitung konsentrasi suatu larutan ( kemolalan, kemolaran dan fraksi
mol).
|
·
Siswa
dapat Menghitung
konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol).
|
Skenario
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi
ajar:
o
Pengertian
sifat koligatif
o
Kemolalan
dan fraksi mol
Kegiatan
awal (15 menit)
o
Salam
pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Menyapaikan
program semester
o
Apersepsi
/ motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan
Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas
pengertian sifat koligatif sesuai dengan LKS 1.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas
kemolalan dan fraksi mol sesuai dengan LKS 1.2.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan
Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan
arti sifat koligatif.(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Memberi
tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3) (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi
Ajar:
o
Tekanan
uap larutan
Kegiatan
awal (5 menit)
o
Salam
pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan
Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas
PR (Latihan 1.1) (30 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas
tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan
Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan
tekanan uaplarutan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Mrengingatkan
siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Mengingatkan
siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan
awal (5 menit)
o
Salam
pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan
Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas
soal uji kompetensi (10 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Ulangan
50 menit (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Membahas
soal ulangan 10 menit (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Membahas
pelajaran berikutnya (10 menit) (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan
Akhir (5 menit)
o
Menyampaikan
tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
o
Buku
Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
o
PPK
Tagihan KIM-3101MP (Lihat kartu Soal)
Cendana
Putih, 2014
|
||||||
Mengetahui
|
||||||
Kepala
|
||||||
SMA Negeri 1
Mappedeceng
|
Guru Mata
Pelajaran
|
|||||
Drs. B a h r i
|
Taufik Sandi, S. Pd., M. Pd.
|
|||||
NIP 19610414
199403 1 003
|
NIP 19860206
201001 1 008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar