SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas :
XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman
sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
·
Diagram P-T
·
Tekanan Uap
·
Penurunan titik beku
·
Kenaikan titik didih
·
Osmosis, dan tekanan
osmotik
Sifat koligatif
larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
|
Mengamati (Observing)
·
Membaca dan mendengar dari
berbagai sumber tentang fenomena
terkait sifat koligatif (memasak air dengan dan tanpa garam; memasak dalam
panci dengan dan tanpa tutup;
penggunaan garam di jalan bersalju, penggunaan garam dalam pembuatan
es puter, dll)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan berbagai
pertanyaan terkait hasil observasi (mengapa memasak tanpa garam lebih cepat
mendidih, mengapa penggunaan garam membuat es puter tetap dingin, mengapa
digunakan garam untuk mencairkan salju, dll)
Mengumpulkan Data
(Experimenting):
·
Mendiskusikan
konsentrasi (fraksi mol dan molalitas) dan
berlatih menghitungnya.
·
Diskusi dalam kelompok,
merancang percobaan, dan melakukan
percobaan penurunan titik beku.
·
Menganalisis
dari berbagai sumber terkait materi sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan tekanan uap, dan tekanan osmosis).
.
Mengasosiasi (Associating):
·
Menyimpulkan penyebab
sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih,
penurunan titik beku dan tekanan osmosis )
·
Menghubungkannya
konsentrasi (molalitas/fraksi mol) dengan sifat koligatif larutan)
·
Berlatih menyelesaikan
perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan hasil
analisis terkait sifat koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis,
menggunakan tata bahasa yang benar
Mengamati (Observing)
·
Mempelajari data hasil
percobaan tentang sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan berbagai
pertanyaan terkait perbedaan data percobaan sifat koligatif untuk larutan
elektrolit dan larutan non elektrolit.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan sifat
larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
·
Menghubungkan sifat
larutan (elektrolit dan non elektrolit
) dengan konsentrasi berdasarkan data percobaan.
·
Menganalisis hubungan
antara sifat larutan (elektrolit dan
non elektrolit), konsentrasi dan sifat koligatif larutan.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan perbedaan
sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
·
Menemukan formula untuk
menghitung sifat koligatif larutan elektrolit. (melibatkan faktor Van Hoff)
·
Berlatih menghitung sifat
koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Menyajikan semua yang
telah dipelajari (lisan/tertulis)
dengan menggunakan tata bahasa yang benar
|
Tugas:
· Merancang
percobaan titik beku larutan
· Membuat
diagram P-T
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan
percobaan (saat mengukur volume
menimbang, membaca thermometer, dll)
Portofolio
-
Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang fraksi mol, kemolalan, diagram PT, tekanan uap, titik beku,
titik didih, tekanan osmosis
·
Menyelesaikan
perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
·
Menghitung
sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan
|
3 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia
Kelas XII IPA dan situs yang relevan
|
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan
utama dan golongan
transisi di
alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang
digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
||||||
3.1
Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
|
||||||
3.2
Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan
larutan nonelektrolit.
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil analisis berdasarkan
data percobaan terkait penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis larutan.
|
||||||
4.2
Mengolah dan
menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan
elektrolit dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit yang konsentrasinya
sama.
|
||||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Penyetaraan persamaan
reaksi redoks
·
Sel Elektrokimia dan
potensial sel
·
Sel Elektrolisis dan Hukum
Faraday
·
Korosi
|
Pengamatan (Observing)
· Membaca/mengamati/mendengar
dari berbagai sumber tentang persamaan reaksi redoks, contoh sel elektrokimia
dalam kehidupan (video, artikel, buku, dll)
·
Mempelajari
video/artikel/animasi terkait proses sel elektrokimia dalam kehidupan
Menanya(Questioning)
· Menanyakan
hal-hal yang berhubungan dengan bahan bacaan/observasi (mengapa terjadi
reaksi? Bagaimana reaksi terjadi?
Kalau elektrodanya diganti apa yang akan terjadi? Bagaimana merancang
alatnya? Mengapa terjadi aliran listrik? Apa yang terjadi pada kedua elektroda?
dll.).
·
Menanyakan hal-hal yang
berhubungan dengan bahan bacaan/observasi (sel volta : Bagaimana memprediksi reaksi terjadi atau tidak dalam sel? apakah akan
dihasilkan potensial bila elektroda
dipertukarkan? Apakah akan terjadi reaksi
bila arus listrik diputuskan (elektrolisis)?
Apakah ada hubungan antara arus dengan jumlah zat yang terbentuk pada
elektroda (elektrolisis)?
Mengumpulkan data (Experimenting)
· Menganalisis reaksi yang terjadi (reaksi redoks)
· Menggunakan
aturan cara setengah reaksi dan perubahan
bilangan oksidasi untuk menyelesaikan persamaan redoks
· Merancang
percobaan terkait sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis), mendiskusikan
hasil rancangannya, kemudian melakukan
percobaan dengan seksama dalam kelompok.
· Mencatat
data hasil percobaan terkait yang terjadi di kedua elektroda, kutub negatif
dan kutub positif pada kedua elektroda, potensial sel terukur (sel volta),
membedakan hasil pengamatan sebelum dan sesudah menghubungkan arus listrik
(pada sel elektrolisis)
· Menuliskan
reaksi yang terjadi
· Membuktikan
reaksi yang terjadi/potensial yang dihasilkan bila elektroda dalam sel volta
dipertukarkan (bila menggunakan animasi)
· Menggunakan
data potensial sel untuk menentukan kespontanan reaksi
· Menggunakan
hukum Nernst dan deret Nernst untuk memprediksi/ menganalisis potensial sel.
·
Menggunakan hukum Faraday
untuk menganalisis hubungan antara arus listrik yang digunakan dengan jumlah
hasil reaksi yang terjadi.
Mengasosiasi
(Associating)
· Menyimpulkan
bahwa dalam sel elektrokimia melibatkan reaksi redoks.
· Menyimpulkan
karakteristik sel elektrokimia.
· Menuliskan
notasi sel elektrokimia
· Menyimpulkan
kespontanan reaksi berdasarkan hasil analisis terhadap data pengamatan dan
berbagai sumber
· Menyimpulkan
hubungan antara arus dengan jumlah zat hasil reaksi dalam proses
elektrolisis.
· Berlatih
menentukan kespontanan reaksi elektrokimia berdasarkan data potensial
reduksi/oksidasi dan deret Nernst.
·
Berlatih memecahkan
masalah terkait perhitungan kimia dalam elektrolisis menggunakan hukum
Faraday.
Mengkomunikasikan (communicating):
·
Mengkomunikasikan hasil
percobaan secara lisan/tertulis menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing)
·
Membaca dan mempelajari
artikel dari berbagai sumber terkait
proses korosi
Menanya(Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan
berdasarkan hasil observasi mengapa korosi terjadi? reaksi apa yang terjadi
pada korosi? Bagaimana cara mencegah korosi? , dll)
Mengumpulkan data (Experimenting)
· Mendiskusikan
reaksi yang terjadi pada proses korosi
· Memprediksi/menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya
korosi menggunakan berbagai sumber.
·
Mengajukan/memprediksi
gagasan untuk mengatasi/ mencegah
terjadinya korosi (electroplating, cat, perlindungan katodik, aliasi logam)
Mengasosiasi (Associating)
· Menyimpulkan
bahwa proses korosi melibatkan reaksi redoks
· Menyimpulkan
bahwa kelembaban, elektrolit, dan
udara (oksigen), mempengaruhi terjadinya korosi.
·
Menyimpulkan beberapa
upaya untuk mengatasi/mencegah korosi
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan hasil
analisis dan kesimpulan berdasarkan percobaan /penalaran yang telah dilakukan
secara lisan/tertulis menggunakan tata bahasa yang benar
|
Tugas:
· Merancang
percobaan : Sel elektrokimia dan sel elektrolisis
· Menulis
artikel atau leaflet/brosur tentang korosi dan penyepuhan logam
Observasi
·
Sikap
ilmiah saat melakukan percobaan, merangkai alat sel
elektrokimia dan sel elektrolisis dll)
diskusi dan presentasi.
Tes tertulis
·
Penyetaraan
persamaan reaksi redoks,
· Hubungan antara arus dengan
jumlah zat hasil reaksi dalam proses elektrolisis.
· Menentukan kespontanan
reaksi elektrokimia berdasarkan data potensial reduksi/ oksidasi dan deret Nernst.
· Memecahkan masalah terkait
perhitungan kimia dalam elektrolisis menggunakan hukum Faraday.
·
Menganalisis penyebab
terjadinya korosi dan mencari solusi untuk mencegah terjadinya korosi
|
4 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia
Kelas XII IPA dan situs yang relevan (terlampir)
|
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan
YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
||||||
3.3
Mengevaluasi gejala atau proses yang terjadi dalam
contoh sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis) yang digunakan dalam
kehidupan.
|
||||||
3.4
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
|
||||||
3.5
Menerapkan hukum/aturan dalam perhitungan terkait sel
elektrokimia.
|
||||||
4.3
Menciptakan
ide/gagasan produk sel elektrokimia.
|
||||||
4.4
Mengajukan
ide/gagasan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya korosi
|
||||||
4.5 Memecahkan masalah terkait
dengan perhitungan sel elektrokimia
|
||||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Kelimpahan unsur-unsur di
alam
·
Sifat fisis dan sifat
kimia unsur-unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3, dan
periode 4.
·
Pembuatan unsur-unsur dan
senyawa halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga.
·
Kegunaan dan dampak
unsur/senyawa bagi manusia dan lingkungan
|
Mengamati (Observing)
·
Mengkaji
literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, khususnya di Indonesia. Mengidentifikasi
produk-produk yang mengandung unsur-unsur tertentu.
Menanya(Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia,
mengapa unsur logam dapat bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak, bagaimana
memperoleh logam murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan dari
bahan dasar unsur tertentu?
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Kerja
kelompok untuk mendiskusikan kelimpahan unsur/senyawa di alam, khususnya di Indonesia.
·
Kerja
kelompok dalam merancang dan melakukan percobaan dengan seksama atau mengumpulkan data
terkait sifat kimia unsur dalam satu golongan/periode
·
Menganalisis data tentang
sifat-sifat fisis (penampilan titik didih,titik leleh, kekerasan,
konduktivitas,warna, kerapatan) dan sifat-sifat kimia unsur-unsur dalam satu golongan/satu periode
·
Mengidentifikasi /menggali
informasi tentang cara memperoleh unsur murni dari bahan bakunya
·
Mendiskusikan kegunaan
unsur/senyawa dalam kehidupan
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan keberadaan
unsur di alam, dalam sistem periodik berdasarkan sifat fisik dan kimia yang
dimiliki.
·
Menyimpulkan prinsip
pembuatan unsur-unsur/senyawa
·
Menyadari adanya
keteraturan dalam sifat-sifat unsur yang diperoleh berkat penemuan kreatif
para ahli.
·
Mensyukuri kelimpahan
unsur di alam sebagai anugerah Tuhan YME.
Mengkomunikaskan (Communicating)
·
Membuat
laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam
alkali tanah.
·
Mempresentasikan laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam
alkali tanah.
·
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok terkait dengan
kelimpahan unsur di
alam, sifat fisis dan sifat kimia, kegunaan, dan pembuatan unsur serta
produk yang mengandung unsur tertentu.
|
Tugas:
· Merancang dan melakukan percobaan tentang:
- Daya oksidasi
halogen
- Reaksi
nyala
- Reaksi
pengendapan senyawa logam alkali tanah.
·
Membuat
bahan presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat
fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan
pembuatan unsur.
Observasi
·
Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan dan presentasi
tentang kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.
Portofolio:
·
Penulisan artikel atau
leaflet/brosur tentang unsur-unsur di alam, sifat fisis, sifat kimia, kegunaan,
pembuatan dan dampak unsur/ senyawa
Tes tertulis
-
Menganalisis kelimpahan unsur
-
Mengidentifikasi sifat fisis dan sifat kimia unsur dalam
golongan/periode
-
Menjelaskan proses pembuatan unsur/senyawa
-
Menentukan kegunaan unsur/senyawa
|
8 mgg X 4
jp
|
Buku Kimia
Kelas XII IPA dan situs yang relevan (terlampir)
|
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan
anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
||||||
3.6
Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat,
dampak, proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan
alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanyadalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||
4.6 Menalar dan menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia,
manfaat, dampak,
proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan
alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanyadalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
Struktur,
tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·
Halo alkana
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan
cara membaca/ melihat/ mengamati/
menyimak tentang: rumus struktur (gugus fungsi), tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan
senyawa-senyawa haloalkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari .
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan bagaimana senyawa haloalkana
dapat merusak ozon, bagaimana cara
menanggulanginya, dan apa manfaat senyawa haloalkana dalam kehidupan serta
bagaimana menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa haloalkana
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa haloalkana
·
Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa haloalkana dari literatur.
·
Menganalisis reaksi
identifikasi senyawa haloalkana
·
Mendiskusikan kegunaan
senyawa haloalkana dalam kehidupan (bidang farmasi, industri)
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
·
Menghubungkan rumus
molekul dengan rumus struktur (isomer)
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Menyampaikan secara
tertulis atau lisan tentang senyawa haloalkana yang dapat merusak ozon dan
cara penanggulangannya.
·
Mengkomunikasikan kegunaan
senyawa haloalkana dalam kehidupan (bidang farmasi, industri)
|
Tugas:
·
Menulis artikel
“Penggunaan senyawa CFC, dampak, dan
penanggulangan nya
·
Membuat peta konsep
tentang gugus fungsi dan reaksi dari turunan alkana
Observasi
·
Sikap
ilmiah pada saat diskusi, dan presentasi.
Portofolio
· Artikel yang ditulis
· Peta
konsep
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang: Struktur, tatanama,
sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa haloalkana
|
1 mgg x 4
jp
|
· Buku Kimia Kelas XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
|
1.2
Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan
fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat
keputusan.
|
||||||
3.7
Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan
senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam
alkanoat, dan alkil alkanoat)
|
||||||
4.7
Menalar dan
menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa
karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam
alkanoat, dan alkil alkanoat).
|
Struktur,
tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·
Alkanol dan
Alkoksi alkana
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang: rumus struktur (gugus fungsi), tata-nama, sifat, identifikasi dan kegunaan
senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkana yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari .
Menanya (Questioning)
·
Bagaimana senyawa alkohol tertentu dapat menjadi alternatif bahan bakar.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa alkanol dan alkoksi alkan
· Mendiskusikan
aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkanol dan alkoksi alkan
· Mengumpulkan
data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkan,
serta senyawa polialkohol, pembuatan
alkohol dengan cara fermentasi, dan cara membedakan alkohol dengan eter dari
literatur.
· Membedakan
alkohol primer, alkohol sekunder, dan
alkohol tertier.
· Merancang,
kemudian melakukan percobaan untuk mengidentifikasi alkanol dan alkoksi alkan
· Menganalisis
reaksi identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkan
· Mendiskusikan
kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkan dalam kehidupan (bidang farmasi, industri)
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
· Menghubungkan
rumus molekul dengan rumus struktur
(isomer)
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Membuat laporan percobaan tentang cara membedakan alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tertier serta mempresentasikannya.
·
Mempresentasikan
ide/gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar.
· Mengkomunikasikan
kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkan
dalam kehidupan (bidang farmasi)
|
Tugas:
·
Menulis ide /gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar.
·
Merancang
percobaan identifikasi alkanol dan alkoksi alkan
Observasi
·
Sikap
ilmiah pada saat melakukan percobaan (menggunakan pipet tetes, mengukur volume
dll) dan diskusi, serta presentasi.
Portofolio
· Artikel yang ditulis
· Laporan
hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang: Struktur, tatanama,
sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkan
|
1 mgg x 4
jp
|
· Buku Kimia Kelas XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
|
Struktur,
tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:
·
Alkanal dan
Alkanon
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/menyimak tentang struktur,
gugus fungsi, tata-nama,
identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa alkanal dan alkanon.
Menanya (Questioning)
·
Formalin digunakan untuk pengawet preparat (contoh mayat ) apakah
formalin juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan?
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa Alkanal dan
Alkanon
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawaAlkanal dan
Alkanon
·
Mengumpulkan data sifat
fisis, sifat kimia senyawa-senyawa Alkanal
dan Alkanon, serta identifikasiAlkanal dan Alkanon dari literatur.
·
Merancang, kemudian
melakukan percobaan tentang identifikasi Alkanal dan Alkanon (misal dengan larutan Fehling dan Tollens).
· Mendiskusikan
kegunaan senyawa Alkanal dan Alkanon dalam kehidupan (bidang farmasi,
industri)
Mengasosiasi (Associating)
·
Menentukan rumus struktur
senyawa-senyawa Alkanal dan Alkanon dari rumus molekul tertentu, isomer dan
namanya.
· Menghubungkan
rumus struktur senyawa dengan sifat
kimianya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil identifikasi Alkanal dan Alkanon.
|
Tugas
·
Mencari artikel tentang
kegunaan dan bahaya formalin
·
Merancang percobaan
identifikasi alkanal dan alkanon
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan,
diskusi, dan presentasi
Portofolio
· Artikel
yang ditulis
· Laporan
hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang struktur, tatanama, sifat,
kegunaan dan identifikasi senyawa: alkanal
(aldehid) dan alkanon (keton)
|
1 mgg x 4
jp
|
· Buku Kimia Kelas XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
||
Struktur,
tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa:
·
Asam alkanoat
·
Alkil alkanoat
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan
cara membaca/ melihat/ mengamati/
menyimak tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa
asam alkanoat dan alkil alkanoat
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan,asam
cuka dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat
yang lain juga bisa?
·
senyawa-senyawa ester apa
saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·
Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari
literatur.
·
Merancang, kemudian
melakukan percobaan pembuatan alkil alkanoat
· Mengumpulkan
data untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil
alkanoat apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus
molekul dengan senyawa asam alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan pembuatan
ester.
·
Menyampaikan secara
tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
·
Mencari ester (alkil
alkanoat) yang sering digunakan dalam industri makanan/minuman
·
Merancang percobaan
esterifikasi
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan (mengukur
volume, suhu, meneteskan larutan, dll), dan diskusi, serta presentasi
Portofolio
·
Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur,
tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa asam alkanoat (asam karboksilat) dan
alkil alkanoat (ester)
|
1 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
Struktur,
tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
|
Mengamati (Observing):
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak
tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
Menanya (Questioning)
·
Mengapa TNT dapat
digunakan sebagai bahan peledak
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa benzen dan turunannya
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa benzen dan turunannya
·
Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa benzen
dan turunannya (penyebab kestabilan benzen, reaksi-reaksi substitusi
meliputi: nitrasi, sulfonasi, halogenasi, dan alkilasi dll) dari literatur.
·
Mendiskusikan kegunaan
benzen dan turunannya
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa benzen dan turunannya yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
·
Mencari literatur/artikel
tentang bahaya zat pewarna (diazo) tekstil bila digunakan untuk makanan
·
Membuat peta konsep tentang
senyawa benzen dan turunannya
Observasi
· -
Portofolio
-
Peta konsep
-
Artikel yang ditulis
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan
benzen dan turunannya.
.
|
2 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan
utama dan golongan
transisi di
alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang
digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
||||||
3.8
Menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan
benzen dan turunannya.
|
||||||
4.8
Menalar dan menganalisis
struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan benzen dan turunannya.
|
||||||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
Struktur,
tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan Polimer
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan
cara membaca/ melihat/ mengamati/
menyimak tentang jenis monomer, jenis reaksi pembentukannya, polimer dalam kehidupan sehari-hari dll.
Menanya (Questioning)
·
Menyusun pertanyaan
bagaimana cara polimer terbentuk.
·
Apa dampak penggunaan
polimer sintetis dalam kehidupan
·
Mengapa plastik sukar
dibiodegradasi
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama polimer
·
Mengumpulkan data
pembentukan polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi
dari literatur.
·
Mengumpulkan data tentang
dampak penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara
penanggulangannya.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan nama monomer, jenis polimerisasinya, nama polimer yang terbentuk, sifat-sifat
dan kegunaannya dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
secara tertulis dan mempresentasikan dampak penggunaan polimer sintetis dalam
kehidupan dan cara penanggulangannya.
|
Tugas
·
Menulis tentang “Dampak
penggunaan polimer sintetis dalam kehidupan dan cara penanggulanganya
Observasi
-
Portofolio
· Mengumpulkan
data tentang penggunaan plastik dan dampaknya
dalam kehidupan, serta usaha penanggulangan.
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan
dan penggolongan Polimer
|
1 x mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia Karbon
|
|
1.2 Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
Struktur,
tata nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan
Karbohidrat
|
Mengamati (Observing):
·
Menggali informasi dengan
cara membaca/ melihat/ mengamati/
menyimak tentang struktur,
tata nama, sifat, penggolongan, dan kegunaan karbohidrat (monosakarida,
disakarida, dan polisakarida).
Menanya (Questioning)
·
Menyusun pertanyaan tentang bagaimana struktur disakarida dan
polisakarida dan bagaimana hidrolisis polisakarida.
·
Apakah gula sintetis
termasuk karbohidrat
· Apa yang
menyebabkan penyakit diabetes (gula darah tinggi) dan bagaimana
mengidentifikasinya
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan rumus
struktur, penggolongan dan isomer senyawa karbohidrat
·
Merancang, kemudian
melakukan percobaan uji glukosa, selulosa dan amilum.
· Mendiskusikan
kegunaan senyawa karbohidrat
Mengasosiasi
(Associating)
·
Mengolah data dan menyimpulkan hasil percobaan.
· Menghubungkan hasil percobaan uji glukosa, selulosa dan
amilum dengan konsep reaksi hidrolisis polisakarida
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan uji
glukosa, selulosa dan amilum.
|
Tugas
· Membuat
peta konsep tentang karbohidrat
· Merancang
percobaan uji karbohidrat
Observasi
·
Sikap
ilmiah pada saat melakukan percobaan uji glukosa, selulosa, dan amilum
Portofolio
·
Peta konsep
·
Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahman
tentang struktur, sifat dan penggolongan
Karbohidrat
|
2 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
|
3.9
Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan
makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
|
||||||
4.9
Menalar dan
menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer,
karbohidrat, dan protein)
|
||||||
Struktur,
tata nama, sifat, kegunaan dan penggolongan Protein
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan
penggolongan protein.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan tentang struktur asam amino, ion zwitter, variasi
struktur asam amino dengan harga pH, asam amino esensial dan non-esensial, asam nukleat struktur protein serta
kegunaannya.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama protein
·
Mengumpulkan data struktur
asam amino, ion zwitter, variasi struktur asam amino dengan harga pH, asam
amino esensial dan non-esensial, asam
nukleat, struktur proteinserta kegunaannya
·
Merancang, kemudian
melakukan percobaan uji protein.
·
Mengamati dan mencatat
hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan menyimpulkan
hasil percobaan.
·
Menghubungkan hasil percobaan uji protein dengan struktur
protein dan sifat-sifatnya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan uji
protein.
|
Tugas
· Membuat
peta konsep tentang protein
· Merancang
percobaan uji protein
Observasi
·
Sikap
ilmiah pada saat melakukan percobaan uji protein
Portofolio
· Peta
konsep
·
Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan penggolongan: protein.
|
1 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
||
1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif
larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
Struktur, tata
nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan Lemak
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama,
sifat,penggolongan, dan kegunaan lemak.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan
tentang struktur lemak, tata nama lemak, reaksi hidrogenasi lemak,
perbedaan lemak dan minyak, komposisi
asam lemak dalam minyak dan lemak.
· Apa yang
menyebabkan obesitas pada manusia
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama lemak
·
Mengumpulkan data tentang
struktur lemak, reaksi hidrogenasi lemak, perbedaan lemak dan minyak,
komposisi asam lemak dalam minyak dan
lemak.
·
Mendiskusikan kegunaan
lemak dan minyak
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan struktur lemak (misalnya struktur omega -3, omega-6, omega-9,
struktur lemak lain) dengan kesehatan manusia.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mempresentasikan
sifat, kegunaan, dan pengaruh
lemak bagi kesehatan manusia.
|
Tugas:
·
Menulis artikel/ leaflet /brochure tentang “Sifat dan kegunaan lemak bagi manusia”
Observasi
-
Portofolio
· Artikel yang ditulis
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur,
tata nama, sifat, penggolongan,
dan kegunaan lemak
|
1 mgg X 4 jp
|
·
Buku Kimia Kelas XII
·
CD Kimia Karbon
·
Situs kimia tentang Kimia
Karbon
|
|
1.2
Mensyukuri
kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu
membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif,
inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan
serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2 Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
||||||
3.10 Menganalisis
struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
|
||||||
4.10 Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, penggolongan, sifat,
dan pengaruh lemak bagi tubuh manusia.
|
Cendana
Putih, 2014
Mengetahui
Kepala
SMA Neg. 1 Mappedeceng Guru
Mata Pelajaran
Drs.B a h r i Taufik
Sandi, S. Pd., M. Pd
NIP 19610414 199403 1 003 NIP.
19860206 201001 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar